Pengalaman Install Ubuntu di Laptop Axioo

Sekedar mau share aja pengalaman gw install ubuntu di laptop axioo. Denger-denger sih laptop axioo mang sulit buat diinstall ubuntu, tapi setelah perjuangan selama 3 bulan 23 hari (ihh lebai) akhirnya berhasil juga. (hehe..)

Ok, gw mule ni, awalnya sih gk ada niat buat pake ubuntu secara gw kurang begitu familiar dengan distro yang satu ini.jangan salahin gw ya, rmh gw mang dikampung jadi kenalnya cuma Mikocok eh Microsoft XP en konco2nya itu. Tapi setelah gw ktrima di UIN, masuk jurusan Informatika lagi. Lambat laun, cahaya open source itu mulai datang menerangi jiwaq (hallah!). Kenal pertama kali sama ubuntu waktu praktikum PTI, mas Barok (asisten lab gw ni) nyrocos jelasin soal ubuntu mpe tetek bengeknya. Gak tau apakah dari kata2nya atau bau jigongnya yang sedap itu gw jadi tertarik sama ubuntu.

Abis itu, langsung deh cari2 di Om Google soal ubuntu. Dapet info banyak banged secara waktu itu ubuntu 8.10 baru aja keluar. Semangad gw langsung berapi-api, palagi setelah tahu kita bisa dapet cd ubuntu secara FREE!! gratis cuy!!

gw langsung pesen di situsnya Ship it ubuntu, dapetnya 8.10 desktop edition. Tapi, gag semua yang gratis itu enak. Gw nunggu ampir 2 bulan cdnya gk dateng2! (Oh mai god!!). Pikiran gw dah macem2..

Jangan2 gw kliru ngasih alamat..

Jangan2 gw dah kehabisan stocknya..

Jangan2 cdnya salah masuk pesawat..

Jangan2 cdnya dipake sama penumpang pesawat (loh? Ni compact disk or celdam c?)

And Finally, Pas Pos berkumis yang baek hati dan tidak sombong sayang dia tidak suka nabung nyerahin cd ubuntu itu ke gw sama 1 lembar kertas bertanda..

BIAYA PENGIRIMAN DAN PENGEPAKAN = Rp 7.000,00

Anjriit.. ternyata kena charge juga. Tak apalah yang penting cdnya dah nyampe dirumah gw..

gw buka paketnya itu ternyata dapet stiker juga hehe..,

Sekarang bagian paling seru nih, Install UBUNTU!!

tentu paling pertama masuk ke BIOS, trus jadiin CD/DVD ROM loe jadi first boot device. Abis itu baru masukin Cd ubuntu dan tunggu mpe muncul menu pilihannya. Gw waktu itu pilih opsi pertama (live CD). Jadi kita bisa gunain UBUNTU pake Cdnya tanpa install. Dan setelah berhasil masuk ke desktop ubuntu… DENG!!! DENG!!! TOUCHPAD GW GAK JALAN!!!! ALAMAK!!!

kepaksa deh pinjem mouse punya bokap dulu, proses installnya gak akan gw jelasin secara tu gampang banged dan klo kalian perlu tutor cari di internet kan banyak hehehe…

Sekarang ceritanya gw dah berhasil install ubuntu di laptop axioo gw dan ada satu problem, touchpad gak jalan. Gw bawa aja laptop gw ke kampus, sekalian maw nyoba wifi, dan ternyata WIFI juga gak kedetec!! MAMPUS!!

sekarang ada 2 masalah di ubuntu gw: touchpad sama wifi. kepaksa gw googling pake produk microsoft (hehe) buat cari solusinya.

Soal wifinya : gw nemu situs yang nyaranin buat pake ndiswrapper, tapi waktu itu gw belum “ngeh” banged soal ubuntu makanya gw cari cara lain dan akhirnya nemu situs yang nyediain driver khusus linux. Untungnya driver laptop gw ada disitu. Langsung deh gw sedot dan install di ubuntu. Waktu dicoba sinyal wifi memang kedetec tapi belum bisa online. Nanya2 lagi deh, kali ni sama kakak angkatan. Dapet solusi kayak gini.

– masuk ke terminal

– ketik $ sudo ifconfig wlan0 up

waktu gw coba lagi. DENG!! DENG!

Akhirnya gw bisa ngenet dengan terhormat!!

Soal touchpad : hasil googlingan juga nih. Katanya ada masalah multiplexing IRQ 12 antara touchpad dan keyboard system. Gw sih gak ngeh soal apa itu, yang penting gw ikutin aja cara-caranya

– masuk ke terminal

– ketik $ sudo gedit /boot/grub/menu.lst

– cari kata-kata ini ## ## End Default Options ##

– dibawah itu ada tulisan kernel

tambahin kata ini “i8042.nomux=1″ disebelah kanan tulisan kernel (tanpa tanda petik)

– save dokumen itu, kemudian restart

– gw jamin touchpad loe dah bisa jalan, klo blum bisa berarti masalahnya bukan terletak pada multiplexing IRQ 12 antara touchpad dan keyboard system. (oppoooo ikii!!)

O iya, laptop gw AXIOO ZETTA TEN MODEL. Kemungkinan masalah ini juga terjadi di tipe laptop axioo yang lain.

Satu lagi gw nemu masalah di axioo.klo gak salah AXIOO tipe NEON. Saat mau install, layar malah jadi blank. Solusinya, saat masuk di pilihan install, pejet F6 2 kali terus pilih no apic dan no lapic. Denger2 sih acpi nya belum kompatibel dengan ubuntu. Tapi klo kekeuh pake open source mending pake mandriva aja. Soalnya axioo cocoknya pake mandriva (menurut pengamatan gw). Dan lagi cd recovery bawaan driver axioo, menggunakan OS mandriva yang telah dimodifikasi.

Ok deh, tu aja dari gw. Klo loe pada mau tanya bisa lewat komen dibawah. Ntar gw rembug sama temen2 KSL UIN SUKA.

GO OPEN SOURCE!!!

5 Komentar

  1. Ga ngerti semua….hahahahaha….!!!!maap bang…saya orang bodoh…

  2. gw taunya usus buntu neh…

  3. gwe ingin belajar nginstal laptop tapi gwe takut so gwe gak tau langkah” awalna plaece bantuin gwe

  4. bos, donlot driver wifinya dimana ?? kalo ndak, sekalian sama driver2 yang laen (ex. VGA,Sound dll)…kalo bisa via e-mail aja…hehe…tq yah…

  5. Mas g nih orang pedalaman kalimantan kenal komputer jak baru.jadi tolong g pengen banget belajar cara langkah2nya .gimana .dimana bisa baca online.soalnya cari buku susah mending cari emast24 karat malah mudah buanget.thank anak pedalaman indonesiaraya. Saking luasnya kampungku tidak ada pln kalau pil N yah..pahit mas


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s